14 September 2011

PT KAI PERLUAS JARINGAN INTERNET UNTUK LAYANAN DI STASIUN DAN DI ATAS KA

PT KERETA API  INDONESIA (PERSERO)  terus perluas kerjasama dengan penyelenggara jasa telekomunikasi PT Indosat Mega Media (IM2), dalam menyediakan layanan internet broadband kepada para pengguna kereta api. Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk memberikan penyediaan fasilitas layanan kepada pengguna kereta api dan IM2 serta membuka kesempatan bagi masyarakat pengguna kereta api untuk merasakan koneksi internet broadband IM2. Penyediaan layanan internet Wi-Fi ini pada tahap awal meliputi 7 stasiun dan 82 kereta eksekutif di Pulau Jawa.

Penanda tanganan nota kesepahaman antara IM2 dan KAI dilakukan oleh Direktur Utama IM2 Indar Atmanto dan Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito, Selasa 23 Agustus 2011 di Stasiun Gambir, Jakarta. Pada acara tersebut, Indar Atmanto mengatakan, ”Pengguna layanan kereta api adalah masyarakat yang sifatnya commuter/mobile maka dengan kerjasama antara IM2 dan PT KAI ini akan memberikan fasilitas tambahan kepada pengguna jasa kereta api dalam bentuk koneksi internet broadband saat mereka dalam perjalanan. Dengan pengalaman ini semoga akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api selain untuk memberikan alternatif akses kepada pelanggan broadband IM2 sendiri.”

Sementara itu Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito berkomentar,”Tersedianya Layanan internet Broadband merupakan nilai tambah dari KAI dalam hal memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pengguna setianya. Diharapkan dengan tersedianya layanan ini – dapat meningkatkan competitiveness KAI sebagai penyedia jasa transportasi di tanah air.”

Rencana kerjasama penyediaan layanan internet Wi-Fi IM2 dan KAI akan mencakup penempatan layanan akses internet broadband Wi-FI milik IM2 di 7 stasiun besar yaitu Gambir Jakarta, Bandung, Semarang Tawang, Jogjakarta, Solo Balapan, Surabaya Turi, dan Surabaya Gubeng. Selain di 7 stasiun, layanan Wi-Fi juga meliputi perjalanan kereta api dengan tujuan Jakarta – Bandung (Parahyangan), Jakarta – Surabaya (Sembrani), Jakarta – Surabaya (Bima), Jakarta – Jogjakarta (Taksaka), Jakarta – Semarang (Argo Muria), Jakarta – Solo (Argo Lawu), Surabaya – Jogjakarta (Sancaka), dan Surabaya – Bandung (Argo Wilis). Keseluruhan perjalanan kereta api tersebut berjumlah 82 Kereta.

IM2 menyediakan 2 nama jaringan Service Set Identifier (SSID) yang bisa digunakan. Pertama, SSID dengan nama IM2-KAI yang dapat diakses secara gratis bagi seluruh pengguna kereta api yang menggunakan gadget dengan fasilitas Wi-Fi. Dengan SSID ini pengguna hanya akan bisa melakukan browsing internet tanpa bisa mengunduh ataupun streaming video dan audio. Kedua, SSID dengan nama INDOSATNet. SSID ini bersifat berbayar dengan tarif Rp 0,5/Mb. Karena berbayar, IM2 memberikan fasilitas premium di koneksi ini seperti download dll.

Untuk menggunakan fasilitas dengan SSID IM2-KAI, pengguna harus mengisikan WEP Key : indosatm2-kai. Sementara untuk SSID INDOSATNet pengguna harus menggunakan account IM2 yang sudah dimiliki atau menggunakan voucher yang dapat dibeli melalui SMS dari nomor selular INDOSAT dengan cara mengirimkan SMS ke 6789 dengan mengetik : IM2prepaid nilaivoucher (10.000 dan 25.000).

Saat ini kerjasama antara IM2 dan PT KAI baru mencakup wilayah pulau Jawa. Tidak tertutup kemungkinan kerjasama dikembangkan ke luar pulau Jawa apabila sambutan masyarakat khususnya pengguna kereta api terbilang baik. www.kereta-api.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar